Senin, 22 Oktober 2012

Jenis teripang ekonomis dan ciri-ciri morfologinya


Tidak semua jenis teripang yang ditemukan di perairan Indonesia mempunyai nilai ekonomis penting. Jenis teripang yang dapat dimakan dan mempunyai nilai ekonomis penting terbatas pada famili Aspidochiratae dan hanya dari genus Holothuriidae, Muelleria, dan Stichopus. Secara garis besar klasifikasi dari beberapa jenis teripang bernilai ekonomis tersebut adalah sebagai berikut :

Filum               : Echinodermata
Sub-filum        : Echinozoa
Kelas               : Holothurotacea
Sub-kelas         : Aspidochirotacea
Ordo                : Aspidochirotda
Famili              : Holothurlidae

Sayatan organ kelamin teripang jantan (kiri) dan betina (kanan)
Tanpa pembelahan sulit dibedakan
Jenis-jenis teripang ekonomis
Marga : 1. Holothuria Species
a.       Holothuria args
b.      Holothuria uacabunda
c.   Holothuria impatiens
d.  Holothuria scabra
e.   Holothuria marmorata
f.   Holothuria edulis

2. Muelleria Species
    Muelleria lecanora



3. Stichopus Species

a. Stichopus ananas
b. Stichopus chloromatus
c. Stichopus uariegatus

Dari beberapa jenis teripang tersebut, hanya tiga genus yang ditemukan di perairan pantai Indonesia. Ketiga genus tersebut adalah Holothuria, Muelleria, dan Stichopus. Dari ketiga genus tersebut ditemukan sebanyak 23 spesies dan baru lima species (dari genus Holothuria) yang sudah diekploitasi dan dimanfaatkan serta mempunyai nilai ekonomis penting. Teripang-teripang ekonomis tersebut adalah teripang putih atau teripang pasir (Holothuria scabra), teripang hitam (Hofothuria edulis), teripang getah atau kering (Holothuria uacabunda), teripang merah (Holothuria uatiensis), dan teripang cokelat (Holothuria marmorata). Dari kelima spesies tersebut yang paling banyak diperdagangkan dan dibudidayakan di Indonesia adalah jenis teripang putih.
Daerah penghasil teripang alam antara lain perairan pantai di Jawa Timur, Maluku, Irian, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan, Pantai Barat Sumatera, Sumatera Utara, Aceh, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur. Masing-masing daerah mempunyai nama lokal atau nama daerah yang berbeda-beda untuk masing-masing jenis. Misalnya teripang Hohthuria scabra di daerah Kepulauan Seribu dikenal dengan teripang pasir, sedangkan di daerah Manado dikenal dengan teripang susuan. Nama ilmiah dan nama daerah untuk beberapa jenis teripang Indonesia yang bernilai ekonomis dapat dilihat pada Tabel 1.

TABEL 1. NAMA ILMIAH DAN NAMA DAERAH BEBERAPA JENIS TERIPANG EKONOMIS PENTING DI INDONESIA
NAMA ILMIAH
NAMA DAERAH
LOKASI
Holothuria argus
Teripang raja
Teripang batu klin
Teripang timba kolog
Teripang darah
Manado
Kepulauan seribu
Padang
Pulau batu, Tual
Holothuria vacabunda
Teripang talengku
Teripang hideung/hitam
Teripang babuta
Teripang baru klin
Teripang kunting/getah
Teripang getah
Pulau  laut
banten
madura
bangka
lampung
kepulauan Seribu
Holothuria impatiens
Teripang uler-uler
Kepulaun seribu
Holothuria scabra
Teripang kapur/putih
Teripang pasir
Teripang gamat betul
Teripang tai kucing
Teripang buang kulit
Teripang kaos
Teripang susunan
pulau roti
kepulauan Seribu
riau
bangka
lampung
seram
manado
Stichopus ananas
Teripang nanas
Teripang ebnas
manado
manado, aru, timor, banda, ternate
Muelleria lecanora
Teripang batu
Teripang belong bulu
Teripang betul
Teripang beureum
Teripang kasur, bilulu
Teripang kalong
Teripang koro
Teripang jepung
kuati, tual
pulau laut
bali
banten
kep. Seribu
belitung, bangka
lombok
seram

Semua jenis teripang tersebut di pasaran internasional dikenal dengan nama teat fish. Nama-nama teripang di tiap-tiap negara juga berbeda-beda seperti tertera dalam  Tabel 2.
TABEL 2. NAMA-NAMA TERIPANG MENURUT NEGARA DI DUNIA
Negara
Nama Lokal
Indonesia
Malaysia
Hongkong
Myanmar
Thailand
Maldives
India
Jerman
Belanda
Perancis
Inggris
Denmark
Yunani
Italia
Israel
Jepang
Norwegia
Poetugis
Swedia
Turki
yugoslavia
Teripang (ketimun laut)
Trepang
Hoy sum
Pan-le-pet-kye (Pin-lehmyaw)
Pling khao
Huifi (enda)
Attai
Seegurke (trepang)
Zeekomkammer
Beche-de-mer
Teatfish (Sea cucumber)
Soplse, soagurk
Holothuria-agouria, tisthalasis
Olothuria
Saebjugu
Namako
Sjopolser
Holothuria
Sjorguika
Denizhiyari
Morski krastavac-trap

Ciri-ciri morfologi teripang ekonomis penting adalah sebagai berikut :

1. Teripang putih atau teripang pasir (Holothuria scabra)
Bentuk badannya bulat panjang. Di bagian perut umumnya berwarna kuning keputih-putihan. Punggungnya berwarna abu-abu sampai kehitaman, dengan garis-garis melintang berwarna hitam. Seluruh bagian tubuh bila diraba terasa kasar. Teripang ini banyak ditemukan di sela-sela karang yang masih hidup ataupun mati, dan di perairan yang dasamya mengandung pasir halus.

2. Teripang hitam (Holothuria edulis)
Badan teripang hitam berbentuk bulat panjang. Apabila diangkat dari permukaan air, badannya akan segera mengerut. Di seluruh badannya terdapat bintil-bintil halus. Jenis teripang ini mudah dikenal karena wamanya indah. Bagian punggungnya berwarna hitam keungu-unguan atau kebiru-biruan. Sedangkan pada bagian perut, sisi sekitar mulut, dan dubur berwarna kemerah-merahan. Hidup di daerah perairan yang berkarang atau berpasir yang ditumbuhi ilalang laut.

3. Teripang getah atau teripang keling (Holothuria uacabunda)
Bentuk badannya bulat panjang dan langsing. Ranjang badannya antara 20 - 30 cm. Wama badan cokelat pekat dengan wama merah darah atau cokelat hitam. Di bagian mulutnya terdapat rumbai-rumbai pendek menyerupai kembang kol. Apabila diangkat dari permukaan air, jenis teripang ini akan mengeluarkan cairan putih seperti getah karet yang berfungsi sebagai alat untuk membela diri. Jenis teripang ini belum banyak diperdagangkan.

4. Teripang cokelat (Holothuria marmorata)
Bentuk badannya bulat panjang dan kedl. Di beberapa daerah, warna teripang ini cukup variatif. Ada yang berwama cokelat kuning dan ada pula yang berwarna cokelat pekat. Namun, pada umumnya warna teripang ini abu-abu kecokelatan. Badannya ditutupi oleh tonjolan-tonjolan menyempai duri yang berbentuk kerucut dan berwarna kuning muda. Di bagian atas dan sisi badan terdapat bercak-bercak tidak teratur yang berwama cokelat. Ciri lain dari teripang ini adalah adanya sekat yang terputus-putus di bagian atas dan bawah badannya. Sekat ini tampak semakin berkurang di bagian bawah mulut dan dubur. Dari bagian mulut sampai bagian belakang badan terdapat semacam sekat memanjang yang seolah-olah membagi badan menjadi dua bagian sama besar.

5. Teripang batu (Holothuria lecanora)
Badan teripang ini memanjang dan lunak. Apabila diraba, terasa adanya bintil-bintil bulat, terutama di bagian atas dan sisi badan. Sedangkan di bagian bawah, bintil-bintil tersebut terasa lebih halus dan membentuk tiga jalur. Warna badan cokelat tua agak kekuning-kuningan dan di bagian bawah warnanya tampak lebih jelas. Bagian duburnya berwarna kekuning-kuningan atau putih.


6. Teripang duri atau teripang kasar (Stichopus uariegatus)
Bentuk badan bulat panjang seperti ketimun dengan panjang. berkisar antara 25 - 35 cm. Warnanya cokelat mulus dengan bercak-bercak yang tidak teratur. Terdapat duri yang sebagian berwarna cokelat tua dan sebagian lagi berwama cokelat muda. Sewaktu masih muda hidup di daerah p'antai yang dangkal, sedangkan pada stadia dewasa berada di perairan yang lebih dalam. Jenis teripang ini belum banyak diperdagangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar